Langsung ke konten utama

Highlight News

Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing

  Apa itu pemasaran digital? Pengertian digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media digital dan internet. Simak penjelasan lengkapnya di blog sahabat digital marketing. Pernahkah Anda melihat produk atau perusahaan bermerek melakukan kampanye digital atau online? Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya di website perusahaan dan di media sosial? Anda telah melihat semua ini baru-baru ini. Ini disebut pemasaran digital. Konsep dan penerapan digital marketing inilah yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk suatu brand. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren dunia bisnis juga semakin beragam. Salah satunya adalah tren pemasaran digital. Lantas, seberapa pentingkah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk tertentu?

Strategi Sukses Digital Marketing

Apa Sih Strategi Sukses Digital Marketing ?

Dalam dunia bisnis, saat ini digital marketing campaign menjadi cara yang umum dilakukan dalam memasarkan dan mempromosikan suatu produk ataupun jasa. Seiring berkembangnya gaya kehidupan masyarakat dari media televisi atau media cetak menjadi media digital, digital marketing campaign menjadi strategi paling efektif dan efisien untuk menjual barang atau jasa. Digital marketing campaign merupakan salah satu strategi untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada calon customer. Digital marketing campaign dapat dilakukan melalui media sosial atau website. Membuat sebuah campaign harus memiliki planning yang lebih baik, tujuannya agar campaign yang kamu lakukan lebih tepat sasaran dan dapat menaikkan brand awareness bisnis kamu. Berikut 5 cara mudah membuat campaign untuk bisnis kamu:




1. Kenali Target Audience Bisnis Kamu

Mengenali siapa target audience merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan, hal ini bertujuan agar campaign yang kamu lakukan lebih tepat sasaran dan tidak sia-sia. Selain itu dengan mengetahui target pasar sebelum melakukan campaign maka juga mempermudah kamu dalam menyusun strategi campaign sehingga mempermudah kamu dalam mencapai tujuan campaign.

2. Buat Konten yang Menarik

Konten menjadi kunci keberhasilan kamu dalam melakukan campaign, kamu harus mampu menghasilkan konten yang menarik perhatian audience dan tertarik menggunakan produk atau jasa kamu. Seharusnya setelah mengenali target audience akan mempermudah kamu dalam membuat konten. Content marketer yang baik adalah mereka yang mampu membuat konten yang sesuai dengan kriteria audience nya.

3. Tampilan Visual Iklan Harus Konsisten

Setelah membuat konten yang menarik, sekarang saatnya kamu men-design tampilan iklan campaign kamu. Hal terpenting yang perlu kamu perhatikan disini yaitu konsistensi tampilan, artinya dalam promosi di media apapun tampilan visual iklan kamu harus terlihat sama. Tampilan visual tidak hanya sebatas logo saja, tetapi juga termasuk font, warna dan gaya photography yang menjadi ciri khas produk atau jasa kamu. Bukan hanya konsisten, tampilan visual iklan kamu juga harus menarik dan sesuai dengan kriteria target audience kamu.

4. Pastikan Iklan Kamu Terintegrasi

Pada bagian ini kamu dapat menggunakan CTA (Call To Action). CTA yaitu suatu action yang berhubungan dengan iklan kamu dan dapat mengarahkan audience ke tujuan akhir campaign, misalnya mengarah ke website atau produk kamu. CTA biasanya berupa button.

5. Review Hasil Campaign Kamu

Setelah melakukan campaign, hal terpenting yang perlu kamu lakukan yaitu review hasil campaign kamu. Review hasil campaign dijadikan tolak ukur untuk campaign selanjutnya. Dengan review hasil campaign juga membuat kamu terhindar dari kesalahan yang mungkin kamu lakukan pada campaign sebelumnya. Dengan begitu, bisnis kamu akan terus berkembang melalui campaign yang kamu lakukan.


Komentar

Postingan Terpopuler

Tutorial Mengunakan Google Adwords Untuk Pemula

Buka Google Adwords atau Google Ads. Google Adwords dan Google Ads adalah sesuatu yang sama. Hanya saja pada tahun 2018 google mengubah platform Google Adwords menjadi Google Ads, namun tidak ada yang perlu dibingungkan. Buat Akun Google Buat akun google baru atau gunakan akun kalian. Namun akan lebih baik jika kalian membuat akun khusus untuk menggunakan Google Adwords. Hal ini bertujuan agar akun kalian tidak penuh dengan notifikasi dari Google Adwords. Pilih Goal Sesudah membuat akun baru dan masuk ke Google Adwords, kalian akan diberi 3 pilihan goal. Goal ini dapat dipilih sesuai dengan bisnis. Goal pertama yaitu menghubungi via telepon.Jika perusahaan atau bisnis kalian mengharuskan klien menghubungi via telepon maka pilihlah goal ini. Bisnis dibidang konsultan biasanya menggunakan goal ini.Namun, jika bisnis yang kalian jalankan menuntut klien mengunjungi toko secara langsung, goal kedua adalah pilihan yang tepat. Beberapa contoh bisnisnya yaitu toko bangunan, toko perhiasan, da...

Cara Membuat Reels di Instagram , Gampang kok nggak ribet

  Saat ini, Instagram adalah salah satu  platform media sosial  paling populer. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat diakses melalui smartphone  tetapi juga PC atau laptop.   Berkat Instagram, seseorang dapat berbagi foto dan video serta membuat cerita pendek dari fungsi cerita hingga fungsi lirik. Selain memperkenalkan fitur lirik, Instagram juga menawarkan fitur scrolling untuk pengguna di Indonesia. Secara fungsional mirip dengan TikTok karena memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek.  Fitur Instagram Reels hadir dengan sedikit perubahan pada tampilan dan nuansa wajah Instagram. Ikon fitur Instagram Reels dipusatkan di  antara tab Beranda, Jelajahi, Toko, dan Profil, menggantikan ikon Posting Baru.  Sementara itu, ikon Pesan Baru telah dipindahkan ke  atas di sebelah ikon Notifikasi dan Pesan Langsung.  Nah bagi yang penasaran dengan fitur ini dan ingin mewujudkannya , bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 1. Buka...

Belajar SEO ( Search Engine Optimizer)

  Semua pasti setuju jika saya nyatakan  Internet Marketing  adalah salah satu hal paling vital dalam era digital ini.  Dengan belajar Internet marketing,  kita bisa menguasai pasar bisnis  online dengan baik. Jika tidak bisa menerapkannya, kita akan berakhir   stuck , bahkan kalah persaingan. Kita mungkin menghadapi dan/atau  melakukan   internet   marketing   setiap hari. Namun, karena kita belum sepenuhnya belajar inernet marketing secara mendalam, akhirnya kita tidak paham konsep utama dari  internet   marketing  itu sendiri. Itulah mengapa sebagian besar kita kerap terbata-bata menjalankan bisnis dan karir di jagat maya. Oleh karena itu, saya ingin mengajak kita semua kembali belajar  internet   marketing  dari 0. Artikel kali ini didedikasikan sebagai sesi belajar internet marketing dari 0 dimana saya akan membuat tulisan serial yang terbagi dalam 4 bagian, yaitu: Search Engine Optimization (SEO) ...