Langsung ke konten utama

Highlight News

Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing

  Apa itu pemasaran digital? Pengertian digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan media digital dan internet. Simak penjelasan lengkapnya di blog sahabat digital marketing. Pernahkah Anda melihat produk atau perusahaan bermerek melakukan kampanye digital atau online? Atau mungkin Anda juga pernah melihatnya di website perusahaan dan di media sosial? Anda telah melihat semua ini baru-baru ini. Ini disebut pemasaran digital. Konsep dan penerapan digital marketing inilah yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk suatu brand. Seiring dengan kemajuan teknologi, tren dunia bisnis juga semakin beragam. Salah satunya adalah tren pemasaran digital. Lantas, seberapa pentingkah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk tertentu?

Fungsi beserta Perbedaan SEO dan SEM dalam Digital Marketing



Sampai saat ini sudah banyak  yang membahas  apa itu SEO, namun jarang ada yang membicarakan SEM secara bersamaan. Namun, penting untuk memahami keduanya dalam dunia internet. Apalagi jika Anda adalah pelaku usaha yang menggunakan internet untuk digital marketing. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki pemahaman yang baik tentang perbedaan antara SEO dan SEM.

Pengertian SEO dan SEM 



 SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Memahami SEO berarti mengoptimalkan situs web untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian. Jika situs web Anda berada di posisi terbaik dalam hasil pencarian  di SERP, maka akan mudah bagi orang lain untuk menemukan situs web Anda. 

 SEM sekarang kependekan dari Search Engine Marketing. Definisi SEM adalah mengoptimalkan situs web untuk muncul di mesin pencari melalui penggunaan iklan. Dengan kata lain, menggunakan SEM memerlukan trik untuk mempromosikan situs web dengan benar menggunakan berbagai metode, seperti Pay Per Click (PPC), dll. Jelas bahwa penerapan metode ini juga membutuhkan biaya.

Secara fungsional, keduanya memiliki banyak kesamaan. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan  kekurangan dalam cara kerjanya. Agar lebih jelas, mari kita pahami perbedaan antara SEO dan SEM bersama-sama.

Memahami perbedaan antara SEO dan SEM 

 1. Target audiens 

 Pada bagian ini Anda sudah dapat mengetahui perbedaan antara SEO dan SEM. SEM memungkinkan Anda untuk memilih target audiens yang Anda inginkan berdasarkan kategori usia, jenis kelamin, wilayah, dan lainnya yang lebih baik dari SEO. Selain itu,  audiens yang digunakan dalam SEM jauh lebih terukur dan dapat dilakukan di awal penyiapan iklan. 

 Sedangkan aplikasi SEO belum tentu membidik target audience. Anda perlu memperbanyak konten di website terlebih dahulu, baru kemudian Anda bisa menganalisa apakah konten tersebut sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Jika tidak,  Anda harus menjalankan optimasi berkali-kali. 

 2. Speed ​​

 Jika dilihat dari prosesnya, baik dengan SEO maupun SEM, tidak langsung muncul di halaman pertama pencarian. Namun, dibandingkan dengan SEO, kecepatan hasil yang diberikan oleh SEM dirasa lebih cepat. SEM juga bisa dimatikan kalau ternyata target yang dituju belum didapat, kemudian diaktifkan kembali setelah Anda menentukan ulang target audiens.

3. Time Frame 

 Tidak seperti SEM, SEO memiliki efek optimasi yang berkepanjangan. Sedangkan SEM hanya akan bertahan dalam jangka waktu tertentu. Dalam bahasa yang lebih sederhana, durasi iklan hanya berlangsung berdasarkan jumlah biaya yang Anda bayarkan. Padahal menurut perkembangan yang ada, SEO akan memakan waktu yang cukup lama. 

 4. Anggaran 

 Perbedaan antara SEO dan SEM  lainnya adalah  anggaran yang dibutuhkan. SEM  berupa iklan berbayar tentunya membutuhkan anggaran tertentu sesuai periode yang diinginkan. Untuk menggunakannya, Anda harus secara otomatis membuat anggaran yang tidak sedikit. Sedangkan SEO gratis untuk digunakan. Sederhananya, SEO itu gratis dan SEM  berbayar.

5. Potensi RKT (Rasio Klik-tayang) 

 Terakhir namun tidak kalah pentingnya. Potensi RKT SEO lebih besar dari SEM. Bahkan jika kedua metode digunakan dan hasil SEO dan SEM ditampilkan secara bersamaan di halaman pertama, orang cenderung tidak mengklik iklan berbayar daripada hasil  SEO.



Ini  karena orang cenderung kurang senang dengan "iklan" yang muncul bersamaan di bagian atas penelusuran. Mereka akan mengira link yang muncul dengan iklan/tanda iklan tersebut hanyalah iklan biasa dan belum tentu memiliki konten  yang Anda inginkan. 

 Memahami perbedaan antara SEO dan SEM akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja situs web. Jadi pilih dan putuskan berdasarkan kebutuhan Anda saat ini.

Baca Juga Artikel Tentang : Belajar SEO (Serach Engine Optimizer)

Komentar

Postingan Terpopuler

Tutorial Mengunakan Google Adwords Untuk Pemula

Buka Google Adwords atau Google Ads. Google Adwords dan Google Ads adalah sesuatu yang sama. Hanya saja pada tahun 2018 google mengubah platform Google Adwords menjadi Google Ads, namun tidak ada yang perlu dibingungkan. Buat Akun Google Buat akun google baru atau gunakan akun kalian. Namun akan lebih baik jika kalian membuat akun khusus untuk menggunakan Google Adwords. Hal ini bertujuan agar akun kalian tidak penuh dengan notifikasi dari Google Adwords. Pilih Goal Sesudah membuat akun baru dan masuk ke Google Adwords, kalian akan diberi 3 pilihan goal. Goal ini dapat dipilih sesuai dengan bisnis. Goal pertama yaitu menghubungi via telepon.Jika perusahaan atau bisnis kalian mengharuskan klien menghubungi via telepon maka pilihlah goal ini. Bisnis dibidang konsultan biasanya menggunakan goal ini.Namun, jika bisnis yang kalian jalankan menuntut klien mengunjungi toko secara langsung, goal kedua adalah pilihan yang tepat. Beberapa contoh bisnisnya yaitu toko bangunan, toko perhiasan, da...

Cara Membuat Reels di Instagram , Gampang kok nggak ribet

  Saat ini, Instagram adalah salah satu  platform media sosial  paling populer. Selain itu, aplikasi ini tidak dapat diakses melalui smartphone  tetapi juga PC atau laptop.   Berkat Instagram, seseorang dapat berbagi foto dan video serta membuat cerita pendek dari fungsi cerita hingga fungsi lirik. Selain memperkenalkan fitur lirik, Instagram juga menawarkan fitur scrolling untuk pengguna di Indonesia. Secara fungsional mirip dengan TikTok karena memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek.  Fitur Instagram Reels hadir dengan sedikit perubahan pada tampilan dan nuansa wajah Instagram. Ikon fitur Instagram Reels dipusatkan di  antara tab Beranda, Jelajahi, Toko, dan Profil, menggantikan ikon Posting Baru.  Sementara itu, ikon Pesan Baru telah dipindahkan ke  atas di sebelah ikon Notifikasi dan Pesan Langsung.  Nah bagi yang penasaran dengan fitur ini dan ingin mewujudkannya , bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. 1. Buka...

Belajar SEO ( Search Engine Optimizer)

  Semua pasti setuju jika saya nyatakan  Internet Marketing  adalah salah satu hal paling vital dalam era digital ini.  Dengan belajar Internet marketing,  kita bisa menguasai pasar bisnis  online dengan baik. Jika tidak bisa menerapkannya, kita akan berakhir   stuck , bahkan kalah persaingan. Kita mungkin menghadapi dan/atau  melakukan   internet   marketing   setiap hari. Namun, karena kita belum sepenuhnya belajar inernet marketing secara mendalam, akhirnya kita tidak paham konsep utama dari  internet   marketing  itu sendiri. Itulah mengapa sebagian besar kita kerap terbata-bata menjalankan bisnis dan karir di jagat maya. Oleh karena itu, saya ingin mengajak kita semua kembali belajar  internet   marketing  dari 0. Artikel kali ini didedikasikan sebagai sesi belajar internet marketing dari 0 dimana saya akan membuat tulisan serial yang terbagi dalam 4 bagian, yaitu: Search Engine Optimization (SEO) ...